Jumat, 03 April 2009

Kuliah Sambil Kerja

Kuliah Sambil Kerja Mode Cetak

Memanfaatkan waktu luang untuk mencari kerja part time atau membuka usaha merupakan langkah yang tepat dalam rangka mencari penghasilan. Apalagi dengan waktu kuliah yang sudah lebih lowong karena sudah mau selesai, maka sambil mempraktekan apa yang sudah didapat waktu kuliah sekalian saja mencari uangnya. Kerja paruh waktu bisa merupakan latihan sebelum memasuki dunia kerja yang sebenarnya yang membutuhkan waktu Anda secara penuh.

Informasi mengenai pekerjaan paruh waktu saya kira bisa Anda dapatkan dari mana saja. Misalnya, selebaran-selebaran yang ditempelkan di mobil angkutan seperti mikrolet, angkot, metro mini atau Kopaja. Bisanya selebaran yang ditempel ini menawarkan kerja paruh waktu sebagai agen asuransi, atau sebagai agen penjual suatu produk kecantian, produk kesehatan, dll . Anda juga bisa mulai mencari informasi dunia kerja dari kampus. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda laksanakan bagaimana mendapatkan informasi dunia kerja baik kerja paruh waktu maupun full time dari kampus :

  1. Rajin-rajin melihat papan papan pengumuman di kampus atau yang ditambpilkan di web kampus. Biasanya di kampus-kampus suka memasang pengumuman informasi kerja dari perusahaan tertentu. Jika sesuai, buatlah surat lamarannya dan kirimkan ke perusahaan tersebut.
  2. Jangan ragu untuk mengirim surat lamaran sedini dan sebanyak mungkin. Selain rajin membaca papan pengumuman di kampus, nggak ada salahnya Anda rajin hunting lowongan pekerjaan lewat koran, internet, dll. Jika ada yang cocok dengan Anda, kirimkan lamaran secepat mungkin.
  3. Dapatkan informasi dari para senior, dosen petugas administrasi atau tata usaha mengenai prospek mendapatkan pekerjaan. Terutama dengan para senior yang cukup pengalaman kerja paruh waktu. Ingat, jangan anggap enteng pertemanan dengan senior dari jurusan, fakultas atau kampus yang sama. Hubungan ini bisa juga membantu Anda mendapatkan pekerjaan.
  4. Jika prestasi akademik Anda cukup memuaskan, mintalah surat pengantar dari kampus Saat mengirim surat lamaran, karena ini akan menambah point tersendiri.
  5. Maksimalkan kesempatan praktek kuliah kerja lapangan sebaik-baiknya. Selain bekerja, jalinlah hubungan baik dengan media atau perusahaan tempat Anda praktek. Siapa tau aja, kelak usai Anda kuliah, Anda bisa menembus kerja di perusahaan itu.
  6. Manfaatkan juga saat-saat penelitian untuk skripsi/tugas akhir Anda di perusahaan tertentu Selain menggali bahan-bahan skripsi dari orang-orang yang kompeten di perusahaan tsb, jangan lupa jalinlah hubungan baik dengan mereka. Selain bisa menambah \'point\' skripsi Anda, hal ini juga membuka kesempatan yang lebih baik untuk mendapatkan pekerjaan saat lulus kuliah.
  7. Selain itu semua, membangun jaringan pertemanan sangatlah strategis untuk Anda gunakan untuk mendapatkan informasi dari teman-teman Anda, seperti penggunaan facebook.

Selebihnya, tentu saja Anda harus mengembangkan minat, bakat, dan ketrampilan Anda plus menjalin hubungan pertemanan seluas-luasnya. Baik dengan sesama rekan mahasiswa, dengan kalangan pekerja, dengan para saudara atau para tetangga di rumah. Semua ini akan mempermudah Anda melangkah ke dunia kerja saat meninggalkan bangku

2 komentar:

Si Maria. 7 April 2009 00.19  

Kalo aku sich kerja sambil nge-blog Mbak, hehe...

Nuryanto 16 Juli 2009 06.03  

kalu kerja sambil kuliah??

bisa gag Miss??

hannigues

Link To My Friends

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP