Kamis, 30 Juli 2009

TELEKOMUNIKASI

Teknologi telekomunikasi atau biasa juga di sebut teknologi komunikasi adalah teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh. Teknologi inilah yang memungkinkan seseorang dapat mengirimkan informasi atau menerima informasi ke atau dari pihak lain yang letaknya beerjauhan. Teknologi ini membuat jarak seperti tak ada lagi. Ratusan atau bahkan ribuan kilometer bukanlah menjadi hambatan untuk berkomunikasi secara online Karena kehadirannya.
Sejauh ini teknologi telekomunikasi telah melahirkan Babagai aplikasi; antara lain berupa:

ad.1 ATM

ATM telah menjadi mesin yang umun dijumpai di Indonesia. Banyak bank yang telah menggunakan ATM sebagai sarana untuk memudahkan para nasabah mengambil uang. Dengan menggunakan alat ini pengambilan uang dapat dilakukan kapan saja.








Gambar ATM memudahkan pengambilan uang


ad.2. TELEKONFERENSI

Telekonferensi, atau yang juga dikenal dengan sebutan video konferensi, adalah suatu sarana yang memungkinkan sejumlah orang saling bercakap-cakap dan berarap muka melalui komputer. Dengan memanfaatkan teknologi internet, videolonferensi mudah dekali untuk diimplementasikan. Masing masing pihak yang telah dilengkapi dengan kamera yang dinamakan webcam.




ad.3. KOMPUTASI GROUP KERJA

Komputasi grup kerja atau juga dinamakan komputasi kolaboratif, adalah grup pekerja yang memakai komputer yang trhubung dalam jaringan untuk berdiskusi dan menyelesaikan suatu masalah. Teknologo seperti ini umum digunakan oleh pihak diadakan dengan masing masing pihak berada dalam ruangan terpisah guna melakukan pengambilan keputusan. Hal seperti ini mudah direalisasikan dengan bantuan perangkat lunak yang dinamakan groupware (misalnya lotus notes dan MS Nermeeting).
















ad.4. TELECOMMUTING

Telecommuting berarti bekerja yang dilakukan tidak dalam kantor. Seseorang dapat bekerja di rumah atau bahkan di dalam mobil yang terus berpindah. Model kerja seperti ini mulai umumnya dilakukan, terutama pada jenis pekerjaan yang memang tidak mungkin dilakukan di kantor misalnya wartawan yang sedang memburu berita atau pada jenis pekerjaan yang tidak memerlukan orang untuk datang ke kantor misalnya pemrogram, yang membuat program komputer.




0 komentar:

hannigues

Link To My Friends

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP