Selasa, 28 Juli 2009

Bila Guru Sudah Berbicara dan Berteriak

1. PERTAMA
Tercatat mulai pertengahan bulan Januari kemarin saya “terjun” ke dalam dunia guru. Dan pertengahan bulan ini genap 6 bulan sudah saya dapet pengalaman jadi guru itu kaya gimana rasanya.

6 bulan yang luar biasa buat saya. Ternyata jadi guru emang gak gampang, gimana gak enaknya kalo gak diperhatikan, gimana gak enaknya kalo si siswa susah banget buat diatur. Tapi diluar itu, 6 bulan saya jadi guru memberikan pengalaman yang luar biasa, menguatkan tekad yang awalnya hanya “coba-coba”.

6 bulan itu memberikan pelajaran buat saya gimana seorang guru harus total dan ikhlas buat ngasih pengajaran di kelas. Dan saya belajar benar dari itu. gimana guru yang malas-malasan akan dapat penghargaan dan apresiasi yang kurang dari siswa. Begitu juga sebaliknya.

6 bulan itu udah ngasih kesenangan yang lebih dari cukup. Saya nikmati benar menjadi seorang guru. Dan ternyata niat dan tekad itu tumbuh dalam perjalanan. Jalan yang saya ambil buat jadi seorang guru memang sebenarnya gak populis. Dengan ipk yang mungkin lebih dari cukup, latar belakang jurusan yang non kependidikan, langkah untuk jadi guru sempat jadi pertanyaan. Kenapa kok milih jadi guru aja?

Jawaban yang saya punya sampai dengan sekarang adalah “saya ingin seperti bapak!”. Gak tau kenapa kalo saya ditanya pertanyaan itu, saya lebih milih jawaban ini.

Tahun pelajaran baru belum lama ini udah dimulai. Pengalaman 6 bulan buat saya jadi pelajaran gimana saya seharusnya kedepan di tahun pelajaran baru. Sekolah sekarang gak murah, siswa pun diharuskan membayar biaya ini dan itu. saya cuma berniat dan bertekad buat ngasih yang terbaik buat mereka. Berbagi ilmu yang saya punya dengan cara-cara yang terbaik. Karena mereka berhak mendapatkan yang terbaik atas apa yang udah mereka bayar untuk belajar di sekolah. Dan harusnya seorang guru tau sekarang apa yang menjadi hak siswa untuk mendapatkan transfer ilmu yang terbaik.

2. KEDUA

Apa yang dirimu sukai dari seorang GURU?

Di Hari Kasih Sayang tahun 2009 ini aku ingin mendedikasikan surveyku ini untuk para GURU, sebagai inspirasi bagi para GURU maupun calon GURU untuk lebih membahagiakan para muridnya.

Aku sendiri dulu sangat menyukai guru yang mengajar dengan banyak bercerita tentang banyak hal dalam hidupnya yang ada hubungan dengan pelajaran saat itu, sehingga tidak jarang waktu serasa cepat sekali berlalu belum lama sang GURU masuk tiba-tiba bel pelajaran selesai telah berbunyi...

Beberapa jawaban dari teman-temanku adalah:

Baik, gaul, kalau lagi ngajar gak serius tapi tetap nyambung.

Ganteng/cantik/menarik, gak pelit nilai dan yang pasti masih muda biar seger lihatnya...

Guru yang bisa buat muridnya menjadi seperti teman dan ketika di kelas bisa membuat suasana kelas itu sebagai ajang sharing bukan serasa guru aja yg paling pinter gitu".

Karna mereka mau ngajarin kita.. Berbagi ilmu.. Bikin kita tau apa apa yg kita belum tau

Pribadinya.

Fun and fun, humoris.

Cara mngajarnya yang menyenangkan dan memudahkan.

Guru bagiku yang ngajarin aku lihat dunia lebih kompleks and ajarin aku untuk mencapai sesuatu or buat aku jadi tahu guru yang benar-benar guru dan ada juga guru yang jadi guru karena uang aja.

Teladannya.

Sebagai pemberi inspirasi, tempat curhat dan buat murid-murid terpacu untuk mencapi apa yang mau mereka raih.

Guru yang enak, yang kayak teman, jadi gak kaku dan tidak mengurui, dimana guru benar dan murid salah.

Orang yang memiliki kesabaran tanpa batas.

Konsistensinya dalam mengajar tuh...

Kalau guru itu bisa buat kita ngerti dengan ilmu apa yang dia beri.

"Seorang Guru yang baik adalah ketika mengajar dia mampu memberikan "sesuatu" kepada partisipannya, apapun itu..." Oleh karenanya saya suka guru yang tidak hanya mengajar di dalam kelas tetapi juga mau dan mampu memberikan sesuatu; baik itu sedikit, banyak, serius atau informasi ringan...."

Kalo pake rok pendek (guru cewek)

Pengorbanannnya! Bagi aku kalau seseorang itu bercita-cita jadi guru itu sungguh mulia karena aku gak mau jadi guru soalnya duitnya sedikit jadi orang yang mau jadi guru itu luar biasa hebatnya! Pengorbanan seorang guru gak bisa diganti karena mereka harus mendidik anak orang lain dengan penuh kesabaran.

Guru yang jujur pasti gak kaya, soalnya gue inget ada guru SMP dari jaman kakakku sampe aku cuma naik vespa butut ga pernah ganti.

Tau banyak hal and bisa menjawab banyak hal

Guru itu cupu jadi makes me feel cool

Maksudnya pintar ngebuat kita jadi percaya ama yang dia omong..

Saat guru itu membimbing aku untuk menemukan pengalaman "AHA", pengalaman terkagum-kagum oleh pengetahuan baru. Buatku, guru yang keren itu adalah guru yang bisa membantu aku menemukan pemahaman baru dengan sendirinya. bukan yang menyuapi aku dengan pemahaman yang ia miliki.

Suka kalau mereka senyum dan menatap mata kita.

0 komentar:

hannigues

Link To My Friends

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP