Kamis, 30 Juli 2009

TELEKOMUNIKASI

Teknologi telekomunikasi atau biasa juga di sebut teknologi komunikasi adalah teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh. Teknologi inilah yang memungkinkan seseorang dapat mengirimkan informasi atau menerima informasi ke atau dari pihak lain yang letaknya beerjauhan. Teknologi ini membuat jarak seperti tak ada lagi. Ratusan atau bahkan ribuan kilometer bukanlah menjadi hambatan untuk berkomunikasi secara online Karena kehadirannya.
Sejauh ini teknologi telekomunikasi telah melahirkan Babagai aplikasi; antara lain berupa:

ad.1 ATM

ATM telah menjadi mesin yang umun dijumpai di Indonesia. Banyak bank yang telah menggunakan ATM sebagai sarana untuk memudahkan para nasabah mengambil uang. Dengan menggunakan alat ini pengambilan uang dapat dilakukan kapan saja.








Gambar ATM memudahkan pengambilan uang


ad.2. TELEKONFERENSI

Telekonferensi, atau yang juga dikenal dengan sebutan video konferensi, adalah suatu sarana yang memungkinkan sejumlah orang saling bercakap-cakap dan berarap muka melalui komputer. Dengan memanfaatkan teknologi internet, videolonferensi mudah dekali untuk diimplementasikan. Masing masing pihak yang telah dilengkapi dengan kamera yang dinamakan webcam.




ad.3. KOMPUTASI GROUP KERJA

Komputasi grup kerja atau juga dinamakan komputasi kolaboratif, adalah grup pekerja yang memakai komputer yang trhubung dalam jaringan untuk berdiskusi dan menyelesaikan suatu masalah. Teknologo seperti ini umum digunakan oleh pihak diadakan dengan masing masing pihak berada dalam ruangan terpisah guna melakukan pengambilan keputusan. Hal seperti ini mudah direalisasikan dengan bantuan perangkat lunak yang dinamakan groupware (misalnya lotus notes dan MS Nermeeting).
















ad.4. TELECOMMUTING

Telecommuting berarti bekerja yang dilakukan tidak dalam kantor. Seseorang dapat bekerja di rumah atau bahkan di dalam mobil yang terus berpindah. Model kerja seperti ini mulai umumnya dilakukan, terutama pada jenis pekerjaan yang memang tidak mungkin dilakukan di kantor misalnya wartawan yang sedang memburu berita atau pada jenis pekerjaan yang tidak memerlukan orang untuk datang ke kantor misalnya pemrogram, yang membuat program komputer.




Read more...

Rabu, 29 Juli 2009

11 Juli 2009


























Read more...

Belajar EXCEL

Excel 2003
for Windows XP


Microsoft Excel (MS. Excel) merupakan program aplikasi spread sheet (lembar kerja elektronik/program olah data) yang canggih yang paling populer dan paling banyak digunakan saat ini. Excel akan sangat membantu kita dalam hal menghitung, memproyeksikan, menganalisa dan mampu mempresentasikan data dalam bentuk tabel dengan berbagai jenis tabel yang disediakannya,

Ms. Excel merupakan pengembangan dari aplikasi spread sheet versi sebelumnya yang lebih ditingkatkan fungsinya dan dikonsentrasikan agar speedsheet ini lebih familiar (mudah dipakai), lebih fleksibel, lebih mudah di integrasikan dengan program office lainnya dan yang tak kalah penting adalah kemampuan untuk langsung berhubungan dengan internet.

Memulai Ms. Excel
Sama halnya dengan produk office lainnya seperti Ms. Word untuk dapat bekerja dengan Ms. Excel pastikan computer sudah aktif dan tampilan desktop sudah muncul. Setelah aktif lakukan langkah berikut:
• Klik Start;
• All programs;
• Microsoft office;
• Klik Microsoft Office Excel 2003.
Atau klik icon Ms. Excel.

 Elemen Lembar kerja Ms. Excel 2003
Untuk dapat mempermudah kita dalam bekerja dengan Ms. Excel sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu elemen lembar kerja pada Ms. Excel. Elemen kerja Ms. Excel adalah:

Keterangan:
Title Bar : Berisi nama file dan nama program aplikasi yang sedang Aktif.
Menu Bar : Berisi barisan perintah berupa menu seperti : File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Table, Window dan Help.

Toolbars : Berisi tombol – tombol yang digunakan untuk Menjalankan suatu perintah yang cepat dan mudah, terutama untuk perintah – perintah yang sering digunakan, default toolbar pada excel 2003 adalah Toolbar Standard, Toolbar Formatting.

ToolBar Standard

Keterangan icon yang sering digunakan pada toolbar Standard:
Icon Keterangan Icon Keterangan
New; membuat lembar kerja baru Cut; memindahkan teks/data
Open; Membuka dokumen Copy; menyalin teks/data.
Save; menyimpan dokumen Paste; menjadikan perintah
Print; mencetak dokumen. Undo; membatalkan perintah satu langkah dibelakang.
Print Preview; melihat dokumen yang akan dicetak Redo; kembali pada perintah sebelumnya
Zoom; mengatur tampilan layar kerja

Toolbar Formatting

Keterangan icon yang sering digunakan pada toolbar Formatting:
Icon Keterangan Icon Keterangan
Font type; merubah jenis huruf. Borders; membuat bingkai pada table.
Font Size; merubah ukuran huruf Fill Color; memberi warna pada isi bingkai/cell
Bold, Italic, Underline; Tebal, Miring dan garis bawah Font Color; memberi warna teks.
Alingnment; rata tulisan

Scroll Bar : Untuk menggeser layar ke kiri dan kekanan, keatas atau kebawah. Scroll bar terdapat dua macam yaitu horizontal Scroll bar dan Vertical Scroll bar.
Cell Pointer : Bentuk kotak yang merupakan petunjuk sel aktif.
Formula Bar : Tempat memasukkan baris rumus yang berupa instruksi matematika. Dalam memasukkan baris rumus selalu di awali dengan tanda sama dengan (=).
Column Header : petunjuk yang berisikan kolom-kolom yang terdapat pada Ms. Excel. Jumlah kolom yang tersedia 256 kolom (A, B, C, …, IV).

Row Header : Petunjuk yang berisikan baris-baris yang terdapat pada Ms. Excel. Jumlah baris yang tersedia 65536 baris.
Sheet : Lembar kerja yang berada pada buku kerja (work book).
Status Bar : Akan menampilkan informasi berbagai informasi mengenai sesuatu hal yang berhubungan dengan posisi titik sisip sekarang berada. Pada baris status ini menampilkan indikator untuk memperlihatkan modus yang sedang aktif sekarang.
Sizing Button : Untuk mengukur ukuran jendela kerja excel, antara lain,

Tombol Icon Keterangan
Minimize
Button Untuk memperkecil jendela hingga membentuk icon aktif
pada taskbar.
Maximize
Button Untuk memperbesar ukuran jendela hingga menjadi satu layar
penuh..
Restore Button Untuk mengembalikan jendela ke ukuran semula atau ukuran
sebelumnya.
Close Button Untuk menutup jendela dan mengakhiri program aplikasi.

Mengakhiri Ms. Excel
Jika telah selesai bekerja dengan Ms. Excel, kita dapat menutup atau mengakhirinya dengan menggunakan langkah-langkah berikut:
• Klik File; Klik Exit atau
• Klik tanda pada kanan pojok atas. Atau
• Tekan Alt + F4.

 Bekerja dengan Ms. Excel
• Jenis pointer pada Ms. Excel
Microsoft Ms. Excel terdapat beberapa jenis pointer, diantaranya adalah sebagai berikut :
Pointer Keterangan

Pointer yang digunakan untuk sorot blok pada sel

Pointer yang berada pada fill handle (titik yang berada pada kanan bagian bawah dari penunjuk pointer) yang di gunakan untuk menyalin

Pinter yang digunakan untuk merubah lebar atau tinggi sel

Pointer yang digunakan untuk memindahkan isi sel

• Membuat dokumen baru
Cara membuat dokumen Ms. Excel yang baru adalah sebagai berikut:
- Klik menu File;
- Klik New;
- Klik Blank workbook pada taskpane

Cara lain:
a. Klik icon New pada toolbar standard; atau
b. Tekan Ctrl + N pada keyboard.

• Menyimpan dokumen
Sama halnya pada Ms. Word terdahulu tapi hanya format datanya saja yang berbeda, untuk menyimpan dokumen dalam bentuk excel dapat dilakukan sebagai berikut:
- Klik File
- Klik Save as…
- Maka akan muncul kotak dialog sebagai berikut:

- Pada tombol pilihan Save in, pilih dan klick drive atau folder yang diingikan;
- Pada kotak isian File name, ketikkan nama file yang diingikan;
- Klick Save.

Setelah selesai melakukan menyimpanan dokumen maka perhatikan nama pada titlebar akan berubah sesuai dengan nama dokumen yang diisi pada File name.
Apabila kita akan menyimpan kembali dokumen yang sudah pernah disimpan maka kita cukup Klik File dan Klik Save; atau juga cukup menekan Ctrl + S pada keyboard.

• Membuka dokumen
Apabila kita ingin membuka dokumen yang sudah pernah disimpan, maka hal yang dilakukan sebagai berikut:
- Klik File
- Klik Open
- Pada Look in, pilih tempat penyimanan dokumen;
- Pilih nama file yang akan dibuka;
- Klik Open.

Cara lain dapat dilakukan dengan mengklik icon Open pada toolbar. Pada keyboard dapat dilakukan dengan menekan Ctrl + O.


• Cell dan Range
Istilah cell dan range akan sering kita jumpai pada program Ms. Excel baik didalam mem-edit teks atau didalam menggukan rumus-rumus untuk mengolah suatu data. Untu itu sebaiknya kita pahami istilah cell dan range terlebih dahaulu.

 Cell adalah perpotongan antara kolom dan baris. Misalnya kolom B dengan baris 5 maka dikatakan Cell B5. Maka dapat dikatakan juga bahwa cell adalah kotak-kotak kecil yang terdapat pada Ms. Excel.

 Range adalah gabungan dari beberapa cell. Untuk penulisan range secara manual CellAwal:CellAkhir. Misalnya cell B3, B4, B5, B6, B7 maka range-nya adalah B4:B7 atau lembar kerja kita dapat memilih range dengan cara mem-block pada range yang dikehendaki.
Contoh:


• Lembar kerja (Sheet)
Lembar kerja pada Ms. Excel disebu Sheet. Pada keadaan default hanya terdapat tiga sheet. Kita dapat mengganti nama dan juga menambah sesuai dengan kebutuhan.

Menambah lembar kerja:
- Klik kanan pada lembar kerja (sheet);
- Klik Insert…;
- Pilih icon Worksheet;
- Klik OK.
Untuk mengurutkan sheet setelah ditambah dapat dilakukan dengan cara drag and drop (klik tahan pada sheet yang akan digeser laku geser pada urutan yang tepat dan lepas.)

Mengganti nama lembar kerja:
- Klik kanan pada lembar kerja (sheet) yang akan diganti namanya;
- Klik Rename;
- Tulis nama yang baru;
- Tekan Enter.

• Menyisipkan baris dan Kolom
Cara untuk menyisipkan baris/kolom adalah sebagai berikut:
- Tempatkan pointer pada baris atau kolom yang akan disispkan;
- Klik menu Insert;
- Klik Rows atau Columns
Contoh (cara lain)
- Sisip Kolom
klik kanan pada kolom yang akan disisip; Klik Insert


- Sisip Baris
klik kanan pada baris yang akan disisip; Klik Insert


• Mengatur lebar kolom
Cara untuk mengubah lebar kolom tertentu, agar data yang diketikan dan dapat tertampung pada cell adalah sebagai berikut:

Melalui Menu Bar
- Tempatkan petunjuk sel di kolom yang akan dirubah lebarnya;
- Klik menu Format; Column;
- Klik Width… (Alt + O, C, W);
- Rubah angka 8,43 menjadi lebar yang dikehendaki;
- Klik OK.

Menggunakan Mouse
Arahkan petunjuk mouse pada kanan huruf kolom (Column Header) yang akan dirubah lebarnya. Petunjuk mouse berubah menjadi panah dua arah. Geser batas kolom tersebut ke kiri atau ke kanan sesuai dengan keinginan.

• Mengatur tinggi baris
Untuk mengubah tinggi baris sesuai dengan kebutuhan kita, dapat dilakukan dengan cara:

Melalui Menu Bar
- Tempatkan petunjuk sel di baris yang akan dirubah tingginya;
- Klik menu Format; Row;
- Klik Height… (Alt + O, R, E);
- Rubah angka 12,75 menjadi yang dikehendaki;
- Klik OK.

Menggunakan Mouse
Arahkan petunjuk mouse pada batas bawah nomor baris (Row Header) yang akan dirubah tingginya. Penunjuk mouse berubah menjadi panah dua arah atas-bawah geser batas bawah baris terseubut ke atas atau kebawah sesuai dengan keinginan

• Menghilangkan garis bantu (gridlines)
Garis-garis yang terdapat pada lembar kerja adalah sebuat garis bantu atau gridlines untuk menghilangkan tampilan garis bantu sebagai berikut:
- Klik menu Tools;
- Klik Option… (Alt + T, O);
- Klik View (1);
- Klik tanda check list pada Gridlines (2);
- Klik OK (2).

• Menggerakkan petunjuk cell (cell pointer)
Cell Pointer berfungsi untuk penunjuk cell aktif. Yang dimaksud dengan cell aktif ialah cell yang akan dilakukan suatu operasi tertentu. Untuk menggerakan pointer dengan mouse dapat dilakukan dengan meng-klik cell yang diinginkan. Untuk cell yang tidak kelihatan kita dapat menggunakan Scroll Bar untuk menggeser layar hingga sel yang dicari kelihatan lalu klik cell tersebut. Untuk kondisi tertentu kita lebih baik menggunakan keyboard. Berikut daftar tombol yang digunakan untuk menggerakan pointer dengan keyboard:

Tombol Keterangan
 Pindah satu sel ke kiri, atas, bawah atau kanan
Tab Pindah satu sel ke kanan
Enter Pindah satu sel ke bawah
Shift + Tab Pindah satu sel ke kiri
Shift + Enter Pindah satu sel ke atas
Home Pindah ke kolom A pada baris yang sedang dipilih
Ctrl + Home Pindah ke sel A1 pada lembar kerja yang aktif
Ctrl + End Pindah ke posisi sel terakhir yang sedang digunakan
PgUp Pindah satu layar ke atas
PgDn Pindah satu layar ke bawah
Alt + PgUp Pindah satu layar ke kiri
Alt + PgDn Pindah satu layar ke kanan
Ctrl + PgUp Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab lembar berikutnya
Ctrl + PgDn Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab lembar sebelumnya

• Memilih area kerja
Memilih area kerja sama halnya dengan mem-block atau menandai range tertentu. Memilih area kerja ada dua cara menggunakan mouse dan menggunakan keyboard.

Menggunakan mouse
Klik dan tahan pada awal range geser sampai akhir range yang dikehendaki lalu lepas.

Menggunakan keyboard
- Letakkan petunjuk cell di awal range
- Tekan Shift dan sorot range dengan menggunakan tanda panah sampai akhir range.


 Data Pada Ms. Excel
Data adalah sekumpulan kalimat atau angka-angka yang akan diolah pada Ms. Excel. Pada bagian ini akan dibahas beberapa hal yang menyangkut dengan data.

• Tipe data
Sebelum melangkah lebih jauh dengan Excel, ada baiknya terlebih dahulu kita mengenal tipe-tipe data yang terdapat pada excel itu sendiri.
Tipe Data Alpha Numerik/Teks
Adalah tipe data berupa teks seperti huruf (A – Z, a – z), simbol (*, ^, $, %, #, @, dll) dan angka (0 – 9) yang tidak akan diproses secara matematika. Data dengan tipe ini, dalam excel akan dibuat rata kiri dan selalu didahului oleh label prefiks berupa tanda kutip satu (‘) yang diberikannya secara otomatis. Jika data yang dimasukkan adalah data angka tetapi kita ingin menganggapnya sebagai alpha numerik/teks, maka kita harus mengetik label prefiks sebelum data tersebut, seperti : ‘2001
Tipe Data Numerik/Angka
Adalah data yang terdiri dari angka (0 – 9), waktu dan tanggal yang dapat diproses secara matematika. Penulisan data dengan tipe ini tidak boleh didahului oleh label prefiks. Data numerik ini akan ditampilkan rata kanan oleh Excel.
Tipe Data Formula
Adalah tipe data yang terdiri dari rumus-rumus, seperti perkalian, pembagian, penjumlahan serta fungsi matematika lainnya. Tipe data ini ini merupakan tipe data yang terpenting.

• Memasukkan data
Dalam Excel 2000 ada beberapa jenis data yang harus kita ketahui, diantaranya adalah data berupa teks, nilai/angka, tanggal dan jam yang masing-masingnya mempunyai format tersendiri. Secara umum cara memasukan data ke dalam suatu sel dapat dilakukan sebagai berikut ;
- Pilih dan klik sel tempat data yang akan dimasukan.
- Ketikkan data yang akan dimasukkan.
- Tekan enter untuk mengakhirinya.
Apabila data yang dimasukkan ada yang salah ketik, kita dapat merubahnya dengan meng-klik 2x pada cell tempat data yang akan dirubah, atau dapat menekan F2 pada cell yang akan di rubah (edit).

• Menghapus data
Untuk menghapus data disuatu sel atau range tertentu, dapat dilakukan dengan cara;
- Pilih sel atau range yang datanya akan dihapus
- Pilih dan Klik menu Edit, Clear, Contents Del atau langsung meng-klik tombol Delete.
Dengan langkah diatas, format dan komentar sel tidak akan dihapusnya. Yang dimaksud dengan format sel/range adalah selain dari isi sel itu sendiri, misalnya garis tabel, shadow, dll. Sedangkan komentar adalah teks yang dimasukkan pada suatu sel, jika pointer sel diarahkan ke sel tersebut, maka akan muncul komentar.
Untuk menghapus format cell ini dapat dilakukan dengan memilih Edit, Clear, Formats dan Edit, Clear, Comments untuk menghapus komentar. Dan pilih Edit, Clear, All untuk menghapus semuanya (isi, format dan komentar yang terdapat pada suatu cell/range).

• Mengganti jenis huruf dan ukuran huruf dari data
Cara mengganti ukuran dan jenis huruf dapat dilakukan dengan memilih range dan pilih jenis huruf pada Font Type atau Font Size untuk ukuran huruf dari data.
• Memindahkan data
Apabila kita perlu memindahkan data dari suatu cell atau range ke tujuan lain. Ada beberapa cara untuk melakukannya antara lain:

Menggunakan Keyboard.
- Block data pada range yang akan di pindahkan;
- Tekan Ctrl + X maka data yang akan dipindahkan akan dikelilingi garis putih putus-putus;
- Pindahkan cell pointer ketempat tujuan;
- Tekan Enter atau Ctrl + V.

Menggunakan Mouse.
- Block data pada range yang akan di pindahkan;
- Klik dan tahan pada pinggir block (pada garisnya);
- Geser mouse ketujuan yang ditentukan.

• Membuat nomor urut secara otomatis
Misalnya kita akan membuat nomor urut dari 1 sampai dengan 10 maka langkah yang dapat dilakukan adalah:
- Ketikan angka pada cell ;
- Block range yang akan dibuatkan nomor urut;
(pada contoh ini pada cell B2 sampai B7)
- Klik menu Edit; Fill;
- Klik Series… (Alt + E, I, S);
- Klik Columns (1);
- Klik OK (2).
-

• Meratakan tampilan data
Mengatur tampilan data pada cell atau range tertentu, agar posisinya rata kiri, kanan, di tengah cell atau di tengan beberapa kolom tertentu. Cara untuk meratakan tampilan data, adalah sebagai berikut:

Menengahkan teks atau data pada table:
- Block data sepanjang tabel;
- Klik Format;
- Klik Cell… (Alt + O, E) atau (Ctrl +1);
- Klik Alignment (1);
- Rubah Text alignment Horizontal menjadi Center (2);
- Beri tanda Check list pada Merge cells (3);
- Klik OK (4).

Menengahkan teks atau data pada beberapa cell atau range :
- Block data sepanjang range;
- Klik Format;
- Klik Cell… (Alt + O, E) atau (Ctrl +1);
- Klik Alignment (1);
- Rubah Text alignment Horizontal menjadi Center (2);
- Rubah Text alignment Vertical menjadi Center (3);
- Beri tanda Check list pada Merge cells (4);
- Klik OK (5).

Membuat data/teks vertical pada beberapa cell atau range :
- Block data sepanjang range;
- Klik Format;
- Klik Cell… (Alt + O, E) atau (Ctrl +1);
- Klik Alignment (1);
- Rubah Text alignment Horizontal menjadi Center (2);
- Rubah Text alignment Vertical menjadi Center (3);
- Beri tanda Check list pada Merge cells (4);
- Klik Text vertical pada Orientation (5);
- Klik OK (6).

Membuat pembulatan data angka:
- Block data sepanjang range;
- Klik Format
- Klik Cell… (Alt + O, E) atau (Ctrl +1);
- Klik Number (1);
- Pilih Category: Number (2);
- Rubah Decimal places: menjadi 0 (3);
- Klik OK (4).

Membuat format Rupiah (Rp) - (Accounting version):
- Block data sepanjang range;
- Klik Format
- Klik Cell… (Alt + O, E) atau (Ctrl +1);
- Klik Number (1);
- Pilih Category: Accounting (2);
- Rubah Decimal places: menjadi 0 (3);
- Rubah Symbol: menjadi Rp Indonesian (4);
- Klik OK (5).

Membuat karakter nol (0) diawal:
- Block data sepanjang range;
- Klik Format
- Klik Cell… (Alt + O, E) atau (Ctrl +1);
- Klik Number (1);
- Pilih Category: Custom (2);
- Rubah Type: menjadi #00000000 (3);
(catatan: jumlah nol adalah sebanyak karakter data)
- Klik OK (4).

 Membuat Bingkai pada lembar kerja (Border and Shading)
Yang dimaksud dengan border adalah bingkai atau garis yang akan dibuat pada tabel lembar kerja. Selain pembuata bingkai kita juga bisa mewarnai isi dari bingkai tersebut. Cara membuat border pada Ms. Excel adalah sebagai berikut:

• Membuat bingkai (border)
Hal yang dilakukan didalam membuat bingkai, ketik dahulu teks atau data pada lembar kerja yang akan dibuat bingkainya. Setelah itu lakukan langkah berikut:
- Block range yang akan dibuatkan bingkainya;
(dalam contoh ini block range B2:G3)
- Klik Format;
- Klik Cell… (Alt + O, E) atau (Ctrl +1);
- Klik Border (1);
- Pilih Style garis (2);
- Tentukan wara garis (bila perlu) (3);
- Gambarkan garis pada bagian Border (4)
- Klik OK (5).

• Mewarnai bingkai (shading)
Memberi warna pada bingkai pada range yang di pilih dapat dilakukan dengan cara:
- Block range yang akan dibuatkan bingkainya;
(dalam contoh ini block range B2:G3)
- Klik Format;
- Klik Cell… (Alt + O, E) atau (Ctrl +1);
- Klik Pattern (1);
- Pilih warna yang diinginkan (2);
- Klik OK (3).

 Mengenal Rumus (formula)
Rumus merupakan bagian yang penting dari program Ms. Excel ini karena umumnya Ms. Excel digunakan untuk mengolah suatu data-data baik data yang bersifat numerik (angka) atau alpabet (abjat) untuk menghasilkan sebuah informasi yang dibutuhkan oleh user. Didalam menggunakan rumus/formula kita akan sering berhubungan dengan fungsi matematika, operator matematika yang sering digunakan dalam rumus adalah:

Lambang Fungsi
+ Penjumlahan
- Pengurangan
* Perkalian
/ Pembagian
^ Perpangkatan
% Persentase

Cara penulisan rumus pada Ms. Excel
• Menulis rumus dengan angka langsung

- Tentekan cell pointer untuk melakukan perhitungan (misal: C7)
- Pada formula bar ketikkan =7500000+6750000, lalu tekan enter.
Catatan: penulisan rumus tidak menggunakan “Rp.”

• Menulis rumus dengan menggunakan alamat cell

- Tentekan cell pointer untuk melakukan perhitungan (misal: C7)
- Pada formula bar ketikkan =C5+C6, lalu tekan enter.
Catatan: penulisan rumus tidak menggunakan “Rp.”

Hal yang sama dapat dilakukan dapat fungsi pengurangan (-), perkalian (*), pembagian dan sebagainya.Kita dapat menggunakan tanda () apabila variable yang akan di oleh lebih dari dua
Contoh:

 Fungsi Tanggal dan Waktu
Fungsi-fungsi tanggal dan waktu adalah fungsi-fungsi untuk mengakses tanggal dan jam. Fungsi yang dapat digunakan antara lain:
• DATE
Ketik contoh dibawah ini, gunakan fungsi DATE untuk memasukkan data pada kolom Tanggal Masuk dan Tanggal Keluar.


Penyelesaian:
Tanggal
- Gunakan format tanggal hari ini
- =Today()

Tanggal Masuk dan Tanggal Keluar
- Block range E6:F10;
- Klik Format; Klik Cell… (Alt + O, E) atau (Ctrl +1);
- Klik Number (1);
- Pilih Category: Date (2);
- Tentukan Type: (3);
- Klik OK (4).

Lama Menginap
- Rubah format cell pada range F6:F10 menjadi Category: General atau Number
- Masukkan rumus Tanggal Keluar - Tanggal Masuk (=E6-D6)/30

Tarif
- Input dengan harga Rp. 250000
- Gunakan format Rupiah

Total Bayar
- Masukkan rumus: Lama Menginap kali Tarif
- Gunakan format Rupiah

• TIME
Fungsi TIME digunakan untuk memasukkan jam ke dalam lembar kerja. Walaupun detik tidak dibutuhkan, tetapi tetap dimasukkan ke dalam rumus. Ketiklah contoh dibawah ini, gunakan fungsi TIME pada Jam Mulai dan Jam Selesai kemudian hitunglah Lama Lembur dan Total Upah.

Penyelesaian:
Cetak
- Gunakan format tanggal dan waktu (Custom) hari ini.
- =Now().

Jam Mulai dan Jam Selesai
- Input data.
- Kalau perlu rubah menjadi fomat Time.

Lama Lembur
- Rubah format cell pada range F8:F12 menjadi Category: General atau Number.
- Masukkan rumus =(E8-D8)*24.

Total Upah
- Masukkan rumus: Lama Lembur kali Upah lembur.
- Gunakan format Rupiah.

 Mengenal Beberapa Fungsi (Formula) Yang Sering Digunakan
Dari yang sudah kita pelajari pada latihan sebelumnya ada beberapa fungsi/formula yang dapat lebih mempermudah kita dalam penggunaan aplikasi Ms. Excel. Misalnya untuk mencari penjumlahan sekumpulan data tertentu kita bisa gunakan fungsi SUM(RANGE), atau untuk mencari nilai rata-rata kita bisa gunakan fungsi AVERAGE(RANGE). Range adalah gabungan dari beberapa cell. Untuk penulisan range adalah (CellAwal:CellAkhir). Sekarang kita akan membahas satu persatu fungsi yang sering digunakan pada Ms. Excel.
• Fungsi SUM (penjumlahan)
Fungsi SUM atau summary adalah fungsi yang digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada suatu range. Bentuk umum dari fungsi ini adalah:

=SUM(RANGE)

Contoh:

Maka rumus/formula pada cell H3 adalah: =SUM(B3:G3)

• Fungsi AVERAGE (rata-rata)
Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari sekumpulan data (range). Bentuk umum dari fungsi ini adalah:

=AVERAGE(RANGE)

Contoh:

Maka rumus/formula pada cell H3 adalah: =AVERAGE(B3:G3)

• Fungsi MAX (nilai tertinggi)
Fungsi MAX atau Maximal adalah suatu fungsi yang digunakan untuk mencari nilai tertinggi pada sekumpulan data (range). Bentuk umum dari fungsi ini adalah:

=MAX(RANGE)

Contoh:

Maka rumus/formula pada cell H3 adalah: =MAX(B3:G3)

• Fungsi MIN (nilai terendah)
Berbeda dengan MAX, fungsi MIN adalah suatu fungsi yang digunakan untuk mencari nilai terendah pada sekumpulan data (range). Bentuk umumnya adalah:

=MIN(RANGE)

Contoh:

Maka rumus/formula pada cell H3 adalah: =MIN(B3:G3)
• Fungsi COUNT (hitung data)
Fungsi ini bertujuan untuk menghitung data yang ada pada suatu range. Data yang dapat di hitung adalah sebegai berikut:
- Data numerik/angka (0 – 9), apabila data numerik maka bentuk umumnya adalah:

=COUNT(RANGE)

Contoh:

Maka rumus/formula pada cell H3 adalah: =COUNT(B3:G3)

- Data alphabet/huruf (A – Z), apabila data alphabet maka bentuk umumnya adalah:

=COUNTA(RANGE)

Dari apa yang sudah dijelaskan, saatnya kita mencoba dengan latihan-latihan guna memperlancar dalam penggunaan Ms. Excel.

 Fungsi Logika “IF”
Fungsi ini digunakan jika data yang dimasukkan mempunyai kondisi atau syarat tertentu. Misalnya jika cell B4=1 maka hasilnya 2 jika tidak maka akan bernilai 0. Bentuk dasar dari fungsi logika IF adalah:

=IF(logical_test,value_if_true,value_if_false)

=IF(SelacuanLogicaltest,”LogikaBenar”,”LogikaSalah”)

Logical Test:
Lambang Fungsi
= Sama dengan/adalah
<= Lebih kecil sama dengan/kurang dari
>= Lebih besar sama dengan/lebih dari

Contoh 1
Penyelesaian:
Untuk mengisi kolom keterangan rumus atau formulanya adalah berdasarkan ketentuan yang ada. /Jika/ ketik /=IF/; /Status/ ketik: /(C3/; /adalah S/ ketik: /=”S”/; /maka/ ketik: /,/; /Single/ ketik: /”Single”/; untuk ketentuan terakhir cukup ketik: /”kawin”/ dan tambahkan tutup kurung sebanyak jumlah IF yang digunakan. Maka kalau digabung menjadi:

Penyelesaian:
Untuk mengisi kolom Discount perhatikan ketentuannya dan jumlah Nama barang yang ada. Dari ketentuan yang ada yang akan mendapatkan discount adalah untuk Nama Barang Buku dan Nama Barang Pensil, nama barang Buku mendapatkan discount 10% dari harga barang (yang artinya 10%*harga) dan nama barang Pensil mendapatkan discount 5% (yang artinya 5%*harga). Sedangkan untuk Nama Barang Tas, Sepidol dan Penghapus tidak mendapatkan discount didalam formula kita akan asumsikan nol (0). Maka untuk rumus pada kolom Discount adalah (formula pada cell D4) :
Keterangan Formula:
Apabila Syarat 1 terpenuhi maka hasilnya harus Jawaban 1, apabila syarat 1 tak perpenuhi maka ke syarat 2, apabila terpenuhi syarat 2 maka harus Jawaban 2, atau apabila tidak terpenuhi kedua syarat maka masuk ke Jawaban Tanpa Syarat. Dapat kita lihat cara kerja fungswi IF pada diagram diabawah ini:

Ketentuan Pajak:
- Jika garansi di atas 30 hari maka dikenakan pajak 15%.

Penyelesaian:

Untuk mengisi kolom Pajak, dengan ketentuan “Jika garansi diatas 30 hari maka dikenakan pajak 15%”. Maksudnya adalah hanya produk yang mempunyai garangsi diatas atau lebih bersar dari 30 hari yang akan dikenakan pajak, selain itu maka tidak dikenakan pajak. Asumsikan produk yang tidak dikenakan pajak dengan angka nol (0) dan dimasukkan pada logika salah di formulanya Kalau diperhatikan dari jababan contoh diatas maka nama produk yang dikenakan pajak adalah “Kursi” selain itu maka tidak dikenakan pajak.

Cara kertja formula diatas dapat dilihat pada diagram diabawah ini:

 Fungsi LookUp
Fungsi LookUp biasa digunakan untuk mencari data satu tabel dengan tabel yang lain. Ada hubungan antara beberapa tabel yang menggunakan fungsi ini. Ada dua jenis fungsi lookup yang dapat digunakan antara lain fungsi VLOOKUP dan fungsi HLOOKUP.
• Fungsi VLOOKUP
“V” merupakan singkatan dari vertical sedangkan “Lookup” memiliki makna mencari. Apabila kedua kata ini degabung berarti mencari data yang sesuai pada tabel tertentu secara vertical. Fungsi ini digunakan dalam mengisi data secata otomatis berdasarkan ketentuan/acuan yang ada dan di ambil data yang sesuai pata suatu tabel tertentu. Ciri dari fungsi ini biasanya mempunyai dua atau lebih tabel yang memiliki keterkaitan satu sama lain, misalnya tabel yang akan diisi (tabel kerja/tabel 1) dan tabel yang sifatnya sebagai tempat pengambilan data (keterangan/tabel 2). Bentuk umum dari fungsi VLOOKUP adalah:

=VLOOKUP(Lookup_value, Table_array, Col_index_num,…) atau


=VLOOKUP(Selacuan,Range,NomerKolom,0)

Contoh:
Untuk mementukan kolom mana yang menggunakan fungsi VLOOKUP dapat diketahui:
 Adanya kesamaan nama kolom antara tabel kerja dengan tabel keterangan.
 Penentuan sel acuan diambil dari tabel kerja dan berdasarkan kesamaan antara tabel kerja dengan kolom sebelah kiri dari tabel keterangan/tabel 2.
 “Range” diambil dengan menyorot range “badan tabel” yang ada pada tabel keteranga/tabel 2 dan ditambahkan tanda string (kunci) dengan symbol “$” atau dapat menekan F4 setelah menyorot range di tabel keterangan.
 “NomerKolom” ditentukan dari kolom yang sedang diisi adalah kolom keberapa pada tabel keteranga/tabel 2.
 “0” adalah angka tetap yang harus ditulis.

Rumus untuk “Harga Barang”:
=VLOOKUP(E6;$D$15:$F$17;3;0)


• Fungsi HLOOKUP
Perbedaan yang mendasar antara fungsi VLOOKUP dan fungsi HLOOKUP hanya pada perbedaan orientasi atau arah pada tabel keterangannya (tabel 2) yang disusun sercara Horizontal dan pada nomer baris. Fungsi dan cara kerja dari fungsi ini sama. Bentuk dasar dari fungsi ini adalah:


=HLOOKUP(Lookup_value, Table_array, Row_index_num,…) atau


=HLOOKUP(Selacuan,Range,NomerBaris,0)

Rumus/formula pada kolom harga:


 Fungsi String
Fungsi ini biasa digunakan untuk mengambil atau menghitung suatu karakter pada suatu cell tertentu. Yang dikatakan karakter adalah seluruh komponen huruf (alpabet, angka, symbol). Fungsi-fungsi string yang dapat digunakan antaran lain:
• Fungsi LEN
Fungsi ini untuk menghitung jumlah/panjang karakter pada suatu cell. Rumus dasar dari fungsi ini:

=LEN(Cell)

Contoh:


• Fungsi LEFT
Untuk mengambil beberapa karakter pada suatu cell yang dihitung dari sebelah kiri cell dapat dilakukan dengan menggunakan fungsi =LEFT. Rumus dasar dari fungsi ini adalah =LEFT(text,num_chars) atau =LEFT(SelAcuan,JumlahKarakter). “SelAcuan” adalah lokasi karakter yang akan diambil. “JumlahKarakter” adalah banyaknya karakter yang akan diambil dari cell tersebut.
• Fungsi MID
Fungsi MID atau Middle ini digunakan untuk mengambil beberapa karakter pada suatu cell tertentu yang dimulai dari tengah karekater tersebut. Rumus/bentuk dasar dari fungsi ini adalah =MID(text,start_num,num_chars) atau
=MID(SelAcuan,NoKarakter,JumlahKarakter). “SelAcuan” adalah lokasi karakter yang akan diambil. “NoKarakter” adakah karakter pertama yang akan diambil adalah karakter keberapa dari kiri cell. “JumlahKarakter” adalah banyaknya karakter yang akan diambil dari cell tersebut.
• Fungsi RIGHT
Untuk mengambil beberapa karakter pada suatu cell yang dihitung dari sebelah kanan cell dapat dilakukan dengan menggunakan fungsi =RIGHT. Rumus dasar dari fungsi ini adalah =RIGHT(text,num_chars) atau =RIGHT(SelAcuan,JumlahKarakter). “SelAcuan” adalah lokasi karakter yang akan diambil. “JumlahKarakter” adalah banyaknya karakter yang akan diambil dari cell tersebut.

Contoh (LEFT/MID/RIGHT):


 Membuat Grafik
Grafik digunakan untuk melihat perkembangan dari suatu data yang akan diolah. Didalan program Ms. Excel kita dapat membuat grafik dengan mudah. Untuk membuat grafik pada Ms. Excel yang pertama kali dilakukan adalah mengetik data-data menurik ke dalam bentuk tabel yang diatur sedemikian rupa sehingga dapat dibuatakn grafiknya.

Cara membuat Grafik pada Ms. Excel:
- Ketik tabel berikut;


- Sorot range yang diinginkan dibuat grafik;
- Klik menu Insert; Klik Chart… (Alt + I, H);
- Step 1  Chart Type (memilih bentuk grafik);
Pilih grafik yang diinginkan pada:
Chart Type: Memilih tipe grafik yang diingikan;
Custom Types: Memilih tampilan grafik sesuai dengan keinginan;
Klik Next > ;


- Step 2  Chart Source Data (sumber data);
Data Range: Tentukan range data yang diinginkan.
Klik Next > ;


- Step 3  Chart Option (Keterangan Grafik);
Titles : Berisikan Judul Grafik, nama sumbu X, sumbu Y dan sumbu Z.
Axes : Mengatur judul sumbu. Apakah judul sumbu ditampilkan atau tidak.
Gridlines : Mengatur tampilan garis skala pembantu.
Legend : Digunakan untuk mengatur tampilan legend grafik.
Data Labels : Digunakan untuk menempatkan label data pada grafik.
Data Tabel : Digunakan untuk menempatkan tabel data pada bagian bawah grafik.
Klik Next > ;
- Step 4  Chart Location (Menentukan letak grafik);
As New Sheet : Menempatkan grafik pada lembar kerja grafik yang terpisah dari lembar kerja data.
As Object in : Menempatkan grafik pada lembar kerja data secara bersamaan atau berdampingan.
Klik Finish ;

 Fungsi Gabungan
Fungsi gabungan adalah menggabungkan beberapa fungsi yang berbeda menjadi satu fungsi tertentu, misal fungsi SUM dengan fungsi IF dan sebagainya. Berikut beberapa fungsi yang digabungkan anatara lain:
• Fungsi SUMIF
Dua fungsi ini yaitu SUM merupakan fungsi penjumlahan dan fungsi IF adalah fungsi logika. Apabila digabungkan menjadi satu maka dapat digunakan untuk menjumlahkan dengan ketentuan tertentu. Rumus/bentuk dasar dari fungsi ini adalah

=SUMIF(Range,Criteria,SumRange)

• Fungsi COUNTIF
Fungsi ini bertujuan untuk menghitung jumlah data dengan criteria/syarat tertentu pada masing-masing range. Rumus dasarnya adalah: =COUNTIF(Range,”Criteria”).

• Fungsi IF dan LEFT
Pada pembahasan sebelumnya sudah dijelaskan penggunaan fungsi IF sebagai fungsi logika dan LEFT sebagi fungsi pengambilan beberapa karakter pada suatu cell. Penggabungan dua fugnsi ini dapat dilakukan menjadi satu yaitu; pertama fungsi IF, rumus dasar: =IF(SelAcuanLogikaTest,”LogikaBenar”,”LogikaSalah”) dan fungsi LEFT dengan rumus dasar: =LEFT(Selacuan,JumlahKarakter) sehingga kalau digabung menjadi satu akan menghasilkan rumus dasar seperti:

=IF(LEFT(SelAcuan,JumlahKarakter)LogikaTest,”LogikaBenar”,”LogikaSalah”)

=IF(LEFT(SelAcuan;JumlahKarakter)LogikaTest;”LogikaBenar”;”LogikaSalah”)


Contoh:

Formula pada kolom type barang adalah (cell D5):
=IF(LEFT(C5,2)="JK","JAKET",IF(LEFT(C5,2)="BJ","BAJU","PAKAIAN DALAM"))

• Fungsi IF dan MID
Penggabungan dua fungsi ini bisa dilakukan dengan menggabungkan dua rumus dasarnya yaitu: fungsi IF: =IF(SelAcuanLogikaTest,”LogikaBenar”,”LogikaSalah”) dan fungsi MID: =MID(SelAcuan,NomerKarakter,JumlahKarakter) sehingga kalau dibagung mengasilkan formula sebagai berikut:

Maka rumus/formula pada kolom Jenis Barang (cell D5) adalah:
=IF(MID(C5;4,2)="01","PAKAIAN ANAK","PAKAIAN DEWASA")

• Fungsi IF dan RIGHT
Penggabungan dua fungsi ini bisa dilakukan dengan menggabungkan dua rumus dasarnya yaitu: fungsi IF: =IF(SelAcuanLogikaTest,”LogikaBenar”,”LogikaSalah”) dan fungsi RIGHT: =RIGHT(SelAcuan,JumlahKarakter) sehingga kalau digabung mengasilkan formula sebagai berikut:
=IF(RIGHT(SelAcuan,JumlahKarakter)LogikaTest,”LogikaBenar”,”LogikaSalah”)

• Fungsi IF dan AND (Dan)
Penggabungan dua fungsi ini bisa dilakukan dengan menggabungkan dua rumus dasarnya yaitu: fungsi IF: =IF(SelAcuanLogikaTest,”LogikaBenar”,”LogikaSalah”) dan fungsi AND untuk membandingkan 2 buah data/ lebih dan proses akan dilaksanakan jika semua syarat dipenuhi. Fungsi AND =AND(Perbandingan1,Perbandingan2,…) sehingga kalau digabung mengasilkan formula sebagai berikut: :

• Fungsi IF dan OR (Atau)
Penggabungan dua fungsi ini bisa dilakukan dengan menggabungkan dua rumus dasarnya yaitu: fungsi IF: =IF(SelAcuanLogikaTest,”LogikaBenar”,”LogikaSalah”) dan fungsi OR untuk membandingkan 2 buah data/ lebih dan proses dilaksanakan jika salah satu syarat dipenuhi. Fungsi OR =OR(Perbandingan1,Perbandingan2,…)
sehingga kalau digabung mengasilkan formula sebagai berikut:

 Mencetak Dokumen Ms. Excel
Mencetak pada Ms. Excel hampir serupa dengan Ms. Word. Sebelum mencetak diokumen kita harus melihat tampilan lembar kerja (Preview) terlebih dahulu. Langkah untuk mencetak adalah sebagai berikut:
- Klik menu File
- Klik Print Preview (Alt + F, V);
Atau klik icon Print Privew

• Merubah posisi cetak lembar kerja (Orientation)
- Klik menu File
- Klik Print Preview (Alt + F, V);
- Klik Setup… (1);
- Klik Page (2);
- Pilih Orientation (Portrait atau Landscape) (3);
- Klik OK (4).

• Merubah margin
- Setelah masuk pada Print Preview;
- Klik Setup…
- Klik Margins (1);
- Tentukan Margins (2);
- Klik OK (3).

• Membuat Header and Footer
Header
- Setelah masuk pada Print Preview;
- Klik Setup…
- Klik Header and Footer (1);
- Klik Custom Header… (2);
- Ketik Teks (3);
- Klik OK (4/5).

Footer
- Setelah masuk pada Print Preview;
- Klik Setup…
- Klik Header and Footer (1);
- Klik Custom Footer… (2);
- Ketik Teks (3);
- Klik OK (4/5).

Setelah tahap mengaturan telah selesai maka Klik Print… dan Klik OK maka dokumen akan tercetak.
Selamat mencoba….

SELAMAT MENCOBA

Read more...

Selasa, 28 Juli 2009

Orang Tua adalah Guru Pertama dan Terbaik Bagi Anak

Sejauh mana seorang anak mampu belajar sebelum berumur 5tahun dan sebelum masuk sekolah? Apakah taraf kecerdasan ditentukan oleh faktor keturunan dan menetap seumur hidup?Atau dapatkah dipengaruhi oleh cara mendidik selama di rumah?

Sebagai orang tua, apa yang dapat anda lakukan untuk memberikesempatan agar kecerdasan anak berkembang sebaik-baiknya selama masa prasekolah ini?

Penelitian membuktikan bahwa masa optimal untuk merangsang kemampuan dasar belajar pada anak, sebagian besar terjadi sebelum anak berumur 5 tahun dan belum masuk sekolah. Dan jika distimulasi dengan tepat, akan meningkatkan kecerdasan anak dan menimbulkan kegairahan belajar seumur hidupnya.

Anda sebagai orang tua adalah guru pertama dan paling penting bagi anak. Anda mempunyai kesempatan paling besar untuk mempengaruhi kecerdasannya pada saat-saat ia sangat peka terhadap pengaruh luar, serta mengajarnya selaras dengan temponya sendiri. Anda pula yang paling mengenal kapan dan dengan cara bagaimana ia bisa belajar dengan baik.

Belajar semasa kecil berarti menerapkan pengetahuan mengenai kebutuhan otak anak selama tahun pertama dari hidupnya. Sehingga perkembangan mentalnya akan sesuai dengan kemampuannya dan anak akan lebih cerdas dan lebih bergairah.

Kemampuan anak memperoleh kecakapan ditentukan baik oleh rangsangan dan kesempatan yang diberikan oleh lingkungannya, maupun oleh tempo perkembangannya.

Tahukah anda bahwa anak-anak yang diikutsertakan dalam proses belajar semasa kecil tampak gembira dan bergairah. Juga pengamatan di kemudian hari menunjukkan respon positif terhadap kepribadian, perasaan, tingkah laku, penglihatan ataupun kesehatan mereka.

Anak-anak yang belajar membaca lebih awal mempunyai prestasi lebih baik dibandingkan anak-anak lain dengan taraf kecerdasan sama.

Anak kecil senang sekali belajar. Mereka dilahirkan haus akan belajar. Dan kehausan ini tidak akan terpuaskan.
Coba anda ikuti kegiatan anak selama sehari. Apa yang membuat dia gembira? Apa yang menyebabkannya mencurahkan perhatian sepenuhnya?

Pada umumnya kegiatan di mana ia bisa belajar sesuatu yang meningkatkan kemampuannya atau yang memuaskan rasa ingin tahunya. Apalagi bila orang tuanya ada di sampingnya dan ikut bergembira.

Bila anda mencintai anak dan memberikan cukup waktu baginya, tanpa disadari anda telah membantu perkembangan intelektualnya.

Apa yang dapat anda lakukan? Salah satu cara adalah memberikan kesempatan untuk mengembangkan pengamatan. Sejak dini bayi belajar mengenal dunia melalui kelima indranya : penglihatan, pendengaran, perabaan, pengecapan, dan penciuman.

Lingkungan yang penuh dengan barang dan mainan yang bisa dicapai oleh bayi akan merangsang pertumbuhan pengamatannya. Juga melalui bermacam kontak dan pengalaman dengan orang dewasa.

Anda juga dapat merangsang kemahiran berbahasa anak-anak. Perkembangan bahasa seorang anak sangat tergantung pada orang dewasa yang ada di sekitarnya dalam tahun-tahun pertama hidupnya.

Anda perlu mendorong anak-anak mengucapkan kata-kata, berbicara, dan memujinya bila ia mengucapkan kata-kata dengan betul. Membacakan buku pada anak juga penting.

Dalam lingkungan yang demikian, perbendaharaan kata-kata bagi anak tumbuh dan kemampuannya menggunakan kalimat juga akan berkembang.

Bila ia telah mahir menggunakan kata-kata, ia akan mulaibelajar menyatakan perasaan dan keinginannya melalui bahasa. Ia berusaha menggunakan bahasa sebagai alat berpikir.

Anda perlu mendorong anak-anak sedapat mungkin 'belajar untuk belajar'. Anak dilatih menghadapi dunia sebagai sesuatu yang dapat dikuasai melalui kegiatan menyenangkan yaitu belajar. Ini berarti mengembangkan kemampuannya untuk memberikan perhatian pada orang lain dan melakukan kegiatan dengan tujuan tertentu, yang artinya melatih anak untuk menunda pemenuhan keinginannya guna mencapai tujuan yang lebih panjang. Ini berarti mengusahakan agar anak memandang orang dewasa sebagai sumber pengetahuan, penghargaan, dan pengakuan.

Jadi jelaslah bahwa Anda bisa membuat anak lebih cerdas dan lebih gembira. Dan hubungan dengan anak pun menjadi lebih akrab.

Read more...

Sabar Menghadapi Ulah Anak

Waktu saya duduk di bangku sekolah menengah pertama, saya kerap mengikuti shalat jum'at bersama banyak teman sekelas saya. Pada satu kesempatan shalat jum'at, kami agak riuh bercakap-cakap ketika khatib sedang menyampaikan khutbah. Maklumlah, kami masih
anak-anak kecil. Belum tahu banyak soal fikih atau aturan sunnah berkenaan dengan shalat jum'at.

Saat kami asyik berguyon di shaf belakang shalat jum'at waktu itu, seorang lelaki seumur Ayah menegur kami dengan keras. Tangannya ditepukkan pada bahu salah satu teman. Kontan saja kami berhenti mengobrol beberapa saat. Namun karena khatib membahas hal yang tak bisa kami mengerti, akhirnya kami tak tahan untuk kembali meneruskan obrolan. Kami terus mengobrol sampai khatib selesai berceramah. Tak kami pedulikan, tatap tajam dan gerundelan si Bapak penegur ke arah kami.

Setelah usai shalat, Bapak itu menghampiri kami lagi. Tak saya duga sebelumnya, ia lantas menampar saya, "setan kecil" yang kebetulan paling dekat dalam jangkauannya.

"Dasar anak setan !" bentaknya pada kami sambil menampar dua kali.

Sembari menahan sakit dan tangis karena malu, saya berlalu dari masjid itu. Jum'at berikutnya, saya dan beberapa orang teman sekelas tidak lagi mengikuti shalat jum'at di masjid itu. Meski masjid itulah yang terdekat dengan sekolah kami, namun kami masih
memendam trauma atas kejadian yang menimpa saya pada Jum'at sebelumnya.

Hari jum'at yang baru lalu, saya melaksanakan shalat jum'at di masjid raya kota Bandung. Seusai shalat, telinga saya menangkap suara ribut-ribut di bagian shaf belakang. Di bagian shaf belakang itu, seorang anak tampak menangis diantara teman-teman sebaya.

Karena penasaran sayapun pergi menghampiri mereka. Saya tanyakan penyebab anak itu menangis begitu keras. Ternyata, anak itu baru saja dijewer seorang jama'ah
yang merasa terganggu oleh kehadiran mereka. Sayapun mencoba menghibur dengan memberikan uang jajan alakadarnya. Dan syukur alhamdulillah, tangis si anak berangsur-angsur mereda.

Sambil mengucapkan terima kasih, si anakpun lantas pergi bersama rombongan kawan-kawannya. Persis seperti saya, ia mengalami perlakuan kasar itu, pada saat masih duduk di bangku sekolah menengah pertama.

Dari kejadian yang menimpa saya dan anak tadi, saya kira ada yang mesti digugah pada hati dan nurani setiap orangtua atas kewajiban mereka dalam memberikan contoh suri-tauladan. Orangtua harus menyadari bahwa mereka diamanahi tanggung jawab besar terhadap perkembangan fisik dan mental seorang anak- tanpa pengecualian anak kandung atau anak orang lain yang kebetulan berpapasan. Dzhalim, jika orangtua berlaku kasar terhadap seorang anak, kendatipun sang anak nyata memang berbuat ulah. Sepatutnya orangtua menunjukkan sikap baik penuh kelembutan, agar sang anak mampu mengambil hikmah
keteladanan dari perlakuan manis tersebut.

Bukankah Rasulullah SAW saja mampu bersabar bangkit dari sujudnya, disaat Hasan dan Husein, kedua cucunya itu menunggangi pundak beliau dikala shalat.

***

Orangtua tentunya kerap dibuat gusar, gelisah, tak enak, disaat anak-anaknya berbuat ulah. Ada yang bisa mensikapinya dengan tenang, sabar, lantas melakukan pendekatan persuasif dengan cara membuka komunikasi yang hangat saat menegur sang anak. Adapula orangtua
yang bertindak represif. Menegur d engan hardikan, memukul bagian tubuh si anak ketika dia berbuat ulah.

Sikap terbaik dalam menghadapi ulah anak tentunya terdapat pada opsi yang pertama, yaitu menegur anak lewat komunikasi yang hangat dan terbuka.

Bisa dengan: memanggil atau mencegah kenakalan anak dengan bertingkah jenaka. Penanganan represif terhadap ulah seorang anak, malah akan berdampak buruk terhadap
kualitas mentalnya, karena ia potensial mencontoh perilaku kasar kita.

Bila anak sering kita perlakukan secara kasar, maka terhadap orang lain dan diri kita sendiripun mereka tetap bertabiat kasar. Ketika saat itu tiba, kita tentu tidak adil jika malah menyalahkannya. Bukankah kita sendiri yang mengajarkan sikap demikian kepada si
anak?

Orangtua perlu merenungkan makna dari perkataan bahwasanya seorang anak bagaikan selembar kertas putih. Kita sebagai orangtualah yang memberi warna, menuliskan sesuatu di lembaran kertas putih tersebut. Artinya, jika kita ingin melihat akan jadi apa anak kita di masa yang akan datang, maka periksalah bagaimana sikap dan cara kita mendidiknya pada waktu sekarang.

Sebaiknya orangtua sering melakukan introspeksi. Dengan begitu, setiap orangtua akan dapat mengevaluasi dan memperbaiki kualitas metode pendidikan dalam mengembangkan potensi sang anak, yang berarti mengupayakan kebaikan untuk keluarganya pula.

Sebagai orangtua, kitapun memiliki tanggung jawab yang tak kurang besarnya terhadap anak-anak selain anak kita sendiri. Pada hakikatnya mereka adalah anak-anak kita juga. Generasi penerus yang akan menyambung perjuangan dan dakwah demi tegaknya Dinul Islam di muka bumi.

Janganlah seorang anak dicontohi dan dibuat trauma dengan kekasaran seperti kejadian yang pernah saya alami dan penulis ceritakan pada paragraf awal. Dalam masa pertumbuhan fisik dan mentalnya, hal-hal demikian memiliki pengaruh besar terhadap kondisi kejiwaan seorang anak. Na'udzubillah, tsumma na'udzubillah, bilamana kita memegang andil dalam degradasi mental seorang anak yang merupakan amanah besar untuk diri kita.

Maka sebagai orangtua, mari kita dahulukan sikap sabar, dalam menghadapi setiap ulah anak kita maupun ulah anak-anak lain, yang kebetulan berinteraksi dengan kita. Orangtua sepatutnya istiqamah memberikan contoh perilaku terpuji, agar kebutuhan mereka akan
figur panutan dapat terpenuhi, sehingga mereka tumbuh dewasa berhiaskan akhlaqul karimah.

Read more...

Ajari Anak Jangan Sambil Emosi Dong !

Bentuk penerapan disiplin yang terlalu keras pada anak -- yang biasanya dilakukan orang tua yang masih muda usia -- sebaiknya jangan dilakukan. Sebab bisa mempengaruhi mentalnya di masa mendatang. Begitulah kesimpulan hasil sebuah survei tentang orang tua dan perilaku agresif terhadap anak yang dilakukan oleh Murray Straus, seorang sosiolog dari University of New Hampshire terhadap 991 orang tua.

Menurut survei tersebut, membentak dan mengancam adalah bentuk paling umum dari agresi yang dilakukan orang tua. Dibandingkan tindakan yang lebih ekstrim lagi, seperti mengancam, memaki, dan memanggil dengan kasar dengan panggilan bodoh, malas dan sebagainya, maka membentak memang paling banyak dilakukan.

Bukan hanya kepada anak, bayi pun kena bentak. Tetapi biasanya semakin muda usia orang tua, semakin sering pula mereka melakukan 'tindakan disiplin' tersebut.

Dari survei itu, 90% mengaku melakukan bentuk-bentuk agresi psikologis saat dua tahun pertama usia anak. Dan 75% di antaranya mengaku melakukan bentakan atau berteriak pada anak. Seperempat orang tua menyumpahi atau memaki anaknya, dan sekitar 6% bahkan mengancam untuk mengusir sang anak.

Menurut Straus, tindakan ini membawa efek psikologis jangka panjang bagi sang anak, walaupun secara hukum belum bisa disebut kekerasan terhadap anak. Tetapi memang dampaknya tidak langsung kelihatan dan biasanya baru ketahuan setelah mereka semakin dewasa.

Straus menambahkan bahwa agresi psikologis itu bisa membuat anak menjadi sulit beradaptasi atau bahkan berperilaku buruk, karena berbagai faktor. Misalnya, menjadi kurang percaya diri, atau sebaliknya, menjadi pemberontak.

Tetapi yang paling dikhawatirkan adalah kalau mereka melakukan hal yang sama terhadap anak mereka kelak. Padahal kalau secara psikologis, kelakukan anak yang salah seharusnya diperbaiki, bukan dibentak-bentak dan dimarahi.

Kalau mengajari anak, sebaiknya emosi orang tua dijagalah !

Read more...

Apa Saja Dasar-dasar Cara Mengajar yang Baik?

Pertanyaan yang mungkin saja muncul di benak anda adalah pada usia berapa anak sudah bisa diajar membaca? Jawabannya adalah mulailah pada usia sedini mungkin. Usia 3 bulan, it's ok!

Semakin dini, semakin gampang mengajarnya.



Kemudian anda perhatikan juga sikap dan pendekatan terhadap anak. Ciptakan pendekatan yang menyenangkan karena belajar membaca adalah permainan yang sangat bagus.

Anda tidak boleh lupa bahwa :

* Belajar adalah permainan hidup yang paling menggairahkan dan belajar bukanlah bekerja.

* Belajar adalah pahala, bukan hukuman.

* Belajar adalah bersenang-senang, bukan bersusah payah.

* Belajar adalah suatu kehormatan, bukan sesuatu yang hina.



Anda harus selalu ingat akan hal ini dan jangan melakukan apapun yang bisa menghancurkan bakat alami anak untuk belajar.



Jika suasana hati anda dan anak sedang tidak enak, sakit, rewel, lelah, lapar, hentikanlah kegiatan belajar mengajar.

Anda pasti melakukan sesuatu yang salah.



Pastikan bahwa waktu yang anda gunakan untuk melakukan permainan ini sangat singkat. Ambil lima kartu dengan kategori yang sama, misalnya anggota keluarga. Tumpuk jadi satu. Anda dan anak saling berhadapan dengan jarak sekitar 15

- 20 cm. Kalau masih bayi, bisa digendong oleh anggota keluarga yang lain.



Lalu mulailah acara belajar membaca. Ambil kartu yang paling belakang sambil melirik kata pada bagian belakang kartu.

Hafalkan. Dan tunjukkan pada anak dengan menaruh kartu tersebut di depan menutupi kartu yang pertama, sambil menyebut katanya. Begitu pula dengan kartu kedua dan seterusnya.



Memperlihatkan kartu hanya satu detik saja. Lho? Apakah bayi bisa menangkap sebegitu cepat? Tentu saja, Rico! Ini merupakan hasil penelitian yang sudah dilakukan oleh Dr.

Glenn Doman sejak tahun 1955. Dan lebih dari lima juta ibu di seluruh dunia telah menerapkan metode ini kepada anaknya.



Lakukan permainan membaca ini tiga kali sehari. Peluk dan cium anak anda setiap kali selesai bermain kata.



Hentikan permainan sebelum anak ingin menghentikannya. Ini merupakan cara agar anak tidak cepat bosan. Jika anda selalu mengamati keadaan ini, maka anak akan merengek untuk bermain kata lagi. Dan anda akan memupuk keinginan alami anak untuk belajar, bukan menghancurkannya.



Minat dan semangat anak dalam belajar membaca sangat tergantung kepada kecepatan materi yang ditunjukkan, jumlah materi baru, dan cara mengajar anda yang menyenangkan.



Anak-anak tidak menatap, mereka memang tidak perlu menatap langsung ke kartu. Mereka menyerap begitu saja semua informasi dengan sangat cepat, bagaikan spons menyerap air.



Lakukan permainan membaca ini secara konsisten. Program sederhana yang dilakukan secara konsisten dan menyenangkan akan lebih berhasil daripada program yang terlalu berat, membebani anda dan menyebabkan anda melakukannya sekali- sekali saja. Program yang sering dihentikan tidak akan efektif.



Untuk bisa menguasai materi dengan baik, anak anda perlu melihatnya berkali-kali. Kecintaannya terhadap aktivitas membaca diperoleh dari pengetahuan baru yang didapatkannya dan ini bisa dicapai melalui program yang dilakukan setiap hari. Anda akan melihat kegembiraan dan rasa percaya diri anak tumbuh setiap hari.



Gunakan bagian rumah yang paling sedikit terdapat benda-benda yang dapat mengalihkan perhatiannya, baik untuk penglihatan maupun pendengaran.



Pada akhir setiap permainan, katakan kepada anak anda bahwa dia sangat baik dan pintar. Katakan padanya bahwa anda sangat bangga padanya dan sangat mencintainya. Anda juga harus memeluknya dan menyatakan cinta anda kepadanya secara fisik dan demonstratif.



Sedikit mengenai abjad. Mengapa anak kita tidak dimulai dengan belajar abjad? Jawaban dari pertanyaan ini sangatlah penting.



Sudah menjadi prinsip dasar bahwa dalam seluruh pengajaran harus dimulai dari yang dikenal dan konkret. Dari sini, barulah berkembang ke hal-hal yang baru yang belum dikenal dan akhirnya kepada hal-hal yang abstrak.



Abjad "m", "a", "m", "a", adalah abstrak. Sedangkan kata "mama" adalah konkret.



Jika anda ingin mulai mengajar si buah hati membaca dengan lebih cepat, akan lebih mudah jika anda membeli peralatan yang siap pakai.

Read more...

Cara Mengajar yang Baik

Seperti apakah guru ideal itu? Setiap orang bisa menyodorkan daftar panjang berisi kriteria-kriteria untuk menjawab pertanyaan ini. Daftar tadi bisa jadi merujuk pada berbagai referensi—kesiapan materi, cara memperlakukan anak didik, tingkah laku, dan lain-lain—yang bisa jadi berbeda-beda bagi setiap orang.

Tapi, daripada pusing menyusun berbagai macam kriteria, mengapa tidak kita tanya saja anak-anak tentang guru yang baik menurut mereka? EENET Asia menurunkan sebuah laporan tentang guru ideal dalam pandangan anak-anak di China dan Pakistan, tetapi agaknya berlaku pula universal.

Simaklah beberapa komentar anak-anak di China.

Ibu guru Gao seperti ibu bagiku. Dia mendengar semua masalah dan keluh kesah kami serta membantu kami menyelesaikan masalah.

Guru Shan selalu melucu dalam kelas menulis kami dan membuat kami sangat tertarik dalam pelajaran itu. Tanpa saya sadari, saya jadi sangat suka menulis dan secara bertahap, saya mempelajari beberapa trik untuk menulis dengan baik.

Dia memperlakukan tiap siswa dengan setara. Dalam kebaikan hatinya, dia tidak pernah memihak. Sebagai murid, ini adalah hal yang paling berharga tentang guru… Dalam kelas guru Chen, kami merasa santai dan hidup (bersemangat). Dia selalu “tanpa sengaja” mengajukan pertanyaan atau membuat kesalahan agar kami dapat membetulkannya. Jika kami mengatakan sesuatu yang salah, tidak menyalahkan kami. Dia bahkan akan berkata sambil tersenyum: “Kesalahan Bagus! Kesalahan membantu kami menemukan masalah-masalah”. Tidak seberapa lama kemudian, bahkan siswa yang paling pemalu mau mengangkat tangan dan menjawab pertanyaannya.

Anak-anak di Pakistan berpendapat tentang guru yang baik:

Guru kami tahu nama tiap anak.

Dia menjelaskan pelajaran di papan tulis. Jika seseorang tidak paham, dia akan mendudukan anak itu disebelahnya dan menjelaskan lagi pelajaran itu.

Dia menghormati anak-anak, dia selalu memanggil mereka ‘aap’. (aap adalah bentuk sopan ‘kamu’ di Pakistan)

Guru kami selalu memperhatikan tiap anak ketika mengajar.

Paragraf terakhir pada tulisan tersebut agaknya mengena dan menggambarkan secara jelas bagaimana seharusnya seorang guru ideal:

Guru yang baik pada dasarnya adalah manusia yang baik. Mereka memiliki kepribadian penyayang, baik, hangat, sabar, tegas, luwes dalam perilaku, bekerja keras, serta berkomitmen pada pekerjaan mereka. Pusat perhatian mereka bukanlah pada buku teks atau kurikulum, tetapi pada anak! Mereka sangat menyadari beragamnya cara anak-anak belajar, perbedaan antar anak-anak dan pentingnya metode beragam untuk mendorong siswa mampu belajar. Anak-anak yang belajar dengan guru semacam itu tidak perlu lagi mengeluarkan uang tambahan untuk mengikuti les sepulang sekolah.




sungguh luar biasa seorang guru dalam mengajar..sangat wajar kalau guru dikatakan seorang pahlawan..cuma diindonesia seorang guru lebih2 guru yang mengajar keislaman.sangat terpuruk..apakah kita semua sanggup menutup mata kepada guru kita sendiri??trims


Ass.Wr.Wb..
Salam Kenal,,Terima kasih informasinya,,itu sangat bermanfaat buat saya.
Saya mahasiswa matematika semester 4 di
Bandung. Sebentar lagi kan liburan akhir smester,nah saya ditawarin ngajar di smp/sma..saya mau tanya, gimana
caranya agar saya tidak kelihatan canggung dalam
mengajar dan siswanya tidak jenuh,,karena
ini pengalaman pertama saya buat ngajar matematika.
dan saya tipe orang yang gampang marah n BT an.
Katanya sih saya orangnya jutek,tapi sbnarnya
ga.

Read more...

Cara Mengajar yang Baik

Seperti apakah guru ideal itu? Setiap orang bisa menyodorkan daftar panjang berisi kriteria-kriteria untuk menjawab pertanyaan ini. Daftar tadi bisa jadi merujuk pada berbagai referensi—kesiapan materi, cara memperlakukan anak didik, tingkah laku, dan lain-lain—yang bisa jadi berbeda-beda bagi setiap orang.

Tapi, daripada pusing menyusun berbagai macam kriteria, mengapa tidak kita tanya saja anak-anak tentang guru yang baik menurut mereka? EENET Asia menurunkan sebuah laporan tentang guru ideal dalam pandangan anak-anak di China dan Pakistan, tetapi agaknya berlaku pula universal.

Simaklah beberapa komentar anak-anak di China.

Ibu guru Gao seperti ibu bagiku. Dia mendengar semua masalah dan keluh kesah kami serta membantu kami menyelesaikan masalah.

Guru Shan selalu melucu dalam kelas menulis kami dan membuat kami sangat tertarik dalam pelajaran itu. Tanpa saya sadari, saya jadi sangat suka menulis dan secara bertahap, saya mempelajari beberapa trik untuk menulis dengan baik.

Dia memperlakukan tiap siswa dengan setara. Dalam kebaikan hatinya, dia tidak pernah memihak. Sebagai murid, ini adalah hal yang paling berharga tentang guru… Dalam kelas guru Chen, kami merasa santai dan hidup (bersemangat). Dia selalu “tanpa sengaja” mengajukan pertanyaan atau membuat kesalahan agar kami dapat membetulkannya. Jika kami mengatakan sesuatu yang salah, tidak menyalahkan kami. Dia bahkan akan berkata sambil tersenyum: “Kesalahan Bagus! Kesalahan membantu kami menemukan masalah-masalah”. Tidak seberapa lama kemudian, bahkan siswa yang paling pemalu mau mengangkat tangan dan menjawab pertanyaannya.

Anak-anak di Pakistan berpendapat tentang guru yang baik:

Guru kami tahu nama tiap anak.

Dia menjelaskan pelajaran di papan tulis. Jika seseorang tidak paham, dia akan mendudukan anak itu disebelahnya dan menjelaskan lagi pelajaran itu.

Dia menghormati anak-anak, dia selalu memanggil mereka ‘aap’. (aap adalah bentuk sopan ‘kamu’ di Pakistan)

Guru kami selalu memperhatikan tiap anak ketika mengajar.

Paragraf terakhir pada tulisan tersebut agaknya mengena dan menggambarkan secara jelas bagaimana seharusnya seorang guru ideal:

Guru yang baik pada dasarnya adalah manusia yang baik. Mereka memiliki kepribadian penyayang, baik, hangat, sabar, tegas, luwes dalam perilaku, bekerja keras, serta berkomitmen pada pekerjaan mereka. Pusat perhatian mereka bukanlah pada buku teks atau kurikulum, tetapi pada anak! Mereka sangat menyadari beragamnya cara anak-anak belajar, perbedaan antar anak-anak dan pentingnya metode beragam untuk mendorong siswa mampu belajar. Anak-anak yang belajar dengan guru semacam itu tidak perlu lagi mengeluarkan uang tambahan untuk mengikuti les sepulang sekolah.




sungguh luar biasa seorang guru dalam mengajar..sangat wajar kalau guru dikatakan seorang pahlawan..cuma diindonesia seorang guru lebih2 guru yang mengajar keislaman.sangat terpuruk..apakah kita semua sanggup menutup mata kepada guru kita sendiri??trims


Ass.Wr.Wb..
Salam Kenal,,Terima kasih informasinya,,itu sangat bermanfaat buat saya.
Saya mahasiswa matematika semester 4 di
Bandung. Sebentar lagi kan liburan akhir smester,nah saya ditawarin ngajar di smp/sma..saya mau tanya, gimana
caranya agar saya tidak kelihatan canggung dalam
mengajar dan siswanya tidak jenuh,,karena
ini pengalaman pertama saya buat ngajar matematika.
dan saya tipe orang yang gampang marah n BT an.
Katanya sih saya orangnya jutek,tapi sbnarnya
ga.

Read more...

Bila Guru Sudah Berbicara dan Berteriak

1. PERTAMA
Tercatat mulai pertengahan bulan Januari kemarin saya “terjun” ke dalam dunia guru. Dan pertengahan bulan ini genap 6 bulan sudah saya dapet pengalaman jadi guru itu kaya gimana rasanya.

6 bulan yang luar biasa buat saya. Ternyata jadi guru emang gak gampang, gimana gak enaknya kalo gak diperhatikan, gimana gak enaknya kalo si siswa susah banget buat diatur. Tapi diluar itu, 6 bulan saya jadi guru memberikan pengalaman yang luar biasa, menguatkan tekad yang awalnya hanya “coba-coba”.

6 bulan itu memberikan pelajaran buat saya gimana seorang guru harus total dan ikhlas buat ngasih pengajaran di kelas. Dan saya belajar benar dari itu. gimana guru yang malas-malasan akan dapat penghargaan dan apresiasi yang kurang dari siswa. Begitu juga sebaliknya.

6 bulan itu udah ngasih kesenangan yang lebih dari cukup. Saya nikmati benar menjadi seorang guru. Dan ternyata niat dan tekad itu tumbuh dalam perjalanan. Jalan yang saya ambil buat jadi seorang guru memang sebenarnya gak populis. Dengan ipk yang mungkin lebih dari cukup, latar belakang jurusan yang non kependidikan, langkah untuk jadi guru sempat jadi pertanyaan. Kenapa kok milih jadi guru aja?

Jawaban yang saya punya sampai dengan sekarang adalah “saya ingin seperti bapak!”. Gak tau kenapa kalo saya ditanya pertanyaan itu, saya lebih milih jawaban ini.

Tahun pelajaran baru belum lama ini udah dimulai. Pengalaman 6 bulan buat saya jadi pelajaran gimana saya seharusnya kedepan di tahun pelajaran baru. Sekolah sekarang gak murah, siswa pun diharuskan membayar biaya ini dan itu. saya cuma berniat dan bertekad buat ngasih yang terbaik buat mereka. Berbagi ilmu yang saya punya dengan cara-cara yang terbaik. Karena mereka berhak mendapatkan yang terbaik atas apa yang udah mereka bayar untuk belajar di sekolah. Dan harusnya seorang guru tau sekarang apa yang menjadi hak siswa untuk mendapatkan transfer ilmu yang terbaik.

2. KEDUA

Apa yang dirimu sukai dari seorang GURU?

Di Hari Kasih Sayang tahun 2009 ini aku ingin mendedikasikan surveyku ini untuk para GURU, sebagai inspirasi bagi para GURU maupun calon GURU untuk lebih membahagiakan para muridnya.

Aku sendiri dulu sangat menyukai guru yang mengajar dengan banyak bercerita tentang banyak hal dalam hidupnya yang ada hubungan dengan pelajaran saat itu, sehingga tidak jarang waktu serasa cepat sekali berlalu belum lama sang GURU masuk tiba-tiba bel pelajaran selesai telah berbunyi...

Beberapa jawaban dari teman-temanku adalah:

Baik, gaul, kalau lagi ngajar gak serius tapi tetap nyambung.

Ganteng/cantik/menarik, gak pelit nilai dan yang pasti masih muda biar seger lihatnya...

Guru yang bisa buat muridnya menjadi seperti teman dan ketika di kelas bisa membuat suasana kelas itu sebagai ajang sharing bukan serasa guru aja yg paling pinter gitu".

Karna mereka mau ngajarin kita.. Berbagi ilmu.. Bikin kita tau apa apa yg kita belum tau

Pribadinya.

Fun and fun, humoris.

Cara mngajarnya yang menyenangkan dan memudahkan.

Guru bagiku yang ngajarin aku lihat dunia lebih kompleks and ajarin aku untuk mencapai sesuatu or buat aku jadi tahu guru yang benar-benar guru dan ada juga guru yang jadi guru karena uang aja.

Teladannya.

Sebagai pemberi inspirasi, tempat curhat dan buat murid-murid terpacu untuk mencapi apa yang mau mereka raih.

Guru yang enak, yang kayak teman, jadi gak kaku dan tidak mengurui, dimana guru benar dan murid salah.

Orang yang memiliki kesabaran tanpa batas.

Konsistensinya dalam mengajar tuh...

Kalau guru itu bisa buat kita ngerti dengan ilmu apa yang dia beri.

"Seorang Guru yang baik adalah ketika mengajar dia mampu memberikan "sesuatu" kepada partisipannya, apapun itu..." Oleh karenanya saya suka guru yang tidak hanya mengajar di dalam kelas tetapi juga mau dan mampu memberikan sesuatu; baik itu sedikit, banyak, serius atau informasi ringan...."

Kalo pake rok pendek (guru cewek)

Pengorbanannnya! Bagi aku kalau seseorang itu bercita-cita jadi guru itu sungguh mulia karena aku gak mau jadi guru soalnya duitnya sedikit jadi orang yang mau jadi guru itu luar biasa hebatnya! Pengorbanan seorang guru gak bisa diganti karena mereka harus mendidik anak orang lain dengan penuh kesabaran.

Guru yang jujur pasti gak kaya, soalnya gue inget ada guru SMP dari jaman kakakku sampe aku cuma naik vespa butut ga pernah ganti.

Tau banyak hal and bisa menjawab banyak hal

Guru itu cupu jadi makes me feel cool

Maksudnya pintar ngebuat kita jadi percaya ama yang dia omong..

Saat guru itu membimbing aku untuk menemukan pengalaman "AHA", pengalaman terkagum-kagum oleh pengetahuan baru. Buatku, guru yang keren itu adalah guru yang bisa membantu aku menemukan pemahaman baru dengan sendirinya. bukan yang menyuapi aku dengan pemahaman yang ia miliki.

Suka kalau mereka senyum dan menatap mata kita.

Read more...

Minggu, 26 Juli 2009

cara cepat dan tepat ngetik 10 jari

semakin hari dunia teknologi semakin canggih, maju dan berkembang begitu pesatnya. mau tidak mau kita harus mengikuti kemajuan teknologi tersebut. yang pada inti dasarnya, setidaknya kita mengenal komputer dan bisa mengoperasikannya. dapat kita lihat dilapangan, bahwa ilmu komputer sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang, dan sudah banyak terjadi disekeliling kita, baik perusahaan-perusahaan besar sampe perusahaan kecil pun sudah memanfaatkan teknologi komputer.

saya sering menjumpai para pekerja yang menggunakan jasa komputer dalam mengoperasikannya, khususnya untuk pengetikan, masih banyak menggunakan 11 jari. menurut saya, seseorang yang sudah mahir mengetik dengan 11 jari kalo dibandingkan dengan orang yang memakai 10 jari (belum terlalu mahir), hasilnya jauh lebih baik orang yang kedua.

mengetik dengan 10 (sepuluh) jari pastinya dambaan setiap orang, karena selain mempercepat kinerja kita, ngetik 10 (sepuluh) jari juga sangat efektif, karena tidak harus fokus melihat keyboard. kita bisa ngetik sambil ngobrol misalnya, enjoy sambil dengerin musik sambil bantuin atau ikutan nyanyi, de-el-el.

dalam pengetikan 10 (sepuluh) jari, secara otomatis kita akan mengetahui kalo jari-jari kita melakukan kesalahan “menekan tombol bukan jatahnya” meskipun kita tidak melihat pada keyboard dan bahkan layar monitor. ini dikarenakan tangan, hati, pikiran, dan keyboard telah menyatu. nah trus gimana untuk melakukan hal tersebut?

caranya sangat mudah, sekarang anda coba raba-raba setiap huruf pada keyboard, kemudian rasakan apakah ada perbedaan antara huruf “F” dan “J” dengan huruf-huruf yang lain?. kalo anda merasakan ada perbedaan, berarti anda telah menemukan kuncinya. kalo belum merasakan perbedaannya, berarti keyboard anda sudah 20 tahun belum ganti2, hehehehehheeee….,,,

trus gimana dunx cara untuk membuka kunci tersebut?.

caranya :

pada keyboard, antara huruf “F” dan “J” di design secara berbeda, (walah bahasanya?) yaitu terdapat jendolan atau pentolan atau apa ya bahasanya yang enak di dengar, atau …… benjolan aja dah. nah itu maksudnya alias fungsinya, sebagai pondasi atau patokan dimana jari2 tangan kita tetap stand by, dan yang mendapatkan jatah untuk huruf “F” dan “J” adalah jari telunjuk. kalo jari telunjuk keluar dari jatahnya baik ke kiri atau ke kanan satu langkah pun, maka kesalahan yang anda dapatkan.

selanjutnya, untuk jatah jari-jari yang lain, misalnya tangan kiri, adalah 3 (tiga) huruf sebelum huruf “F” dan jari-jari tangan kanan yaitu sesudah huruf “J”. sedang untuk gerak-gerik jari-jari kedua tangan adalah ke arah kiri. sebagai contoh, jatah jari kelingking adalah huruf “Q, A, Z” dan begitu juga jari-jari yang lain.

untuk penggunaan spasi sangat di anjurkan dengan menggunakan ibu jari.

sedangkan angka atau nomor pada keyboard “sebelah kanan” nomor yang ada jendolannya adalah nomor 5, dan di jatahkan untuk jari tengah, dan gerak-gerik jari ke arah atas dan bawah.

catatan :

1. setiap jari-jari anda keluar dari jatahnya, langkah yang paling tepat adalah cari benjolan atau huruf “F” dan “J” untuk jari telunjuk.

2. geser satu huruf saja jari anda keluar dari jatahnya, akan mengakibatkan kesalahan yang fatal “sadis banget” hehhheee…..,

misalnya, anda mau mengetik kata “JASA” tetapi jari telunjuk pada tangan kiri geser satu langkah yaitu di huruf “G” maka hasilnya “JSDS”. tuh kan fatal?.

Read more...

hannigues

Link To My Friends

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP